Bupati Flores Timur Kunjungi Lembaga Pendidikan Trans Buana International School (TBS) Di Purwekerto

Bupati Flores Timur Kunjungi Lembaga Pendidikan Trans Buana International School (TBS) Di Purwekerto

@prokompim

AntonHadjon.com – Dalam rangkaian tugas kedinasan, Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon,S.T., mengunjungi Lembaga Pendidikan Trans Buana International School (TBS) di Purwekerto – Kabupaten Banyumas – Jawa Tengah pada Senin (4/4/2022).

Kedatangan Bupati Flores Timur disambut oleh Bapak Andi dan Ibu Atiek Suprapti, selaku pemilik dan pengelola Lembaga Pendidikan TBS, Bupati Flotim langsung diajak untuk host tour atau berkeliling meninjau lokasi pendidikan.

Kegiatan dilanjutkan dengan audiensi dengan anak-anak didik asal Flores Timur, dan dilanjutkan dengan meeting bersama pemilik sekaligus pengelola lembaga pendidikan, Bapak Andi dan Ibu Atiek.

Dalam kesempatan berdialog dengan anak-anak asal Flotim, Bupati Flores Timur memberikan motivasi dan dorongan semangat bagi 16 anak muda Flotim yang tengah belajar di Trans Buana International School. Dengan style khas penuh keakraban, Bupati Anton Hadjon, mengingatkan agar mereka harus membangun mimpi dan cita-cita besar setelah mengakhiri kontrak kerja di luar negeri.

“Kalian semua harus punya visi bahwa kehadiranmu di sini untuk mau jadi apa ke depan. Tetaplah semangat, karena kalian sudah memutuskan tinggalkan kampung halaman untuk belajar di Trans Buana dan bekerja di luar negeri”, demikian Bupati Flores Timur.

“Kalian juga harus bisa pastikan bahwa setelah dari luar negeri kalian harus bisa membuka usaha sendiri”, lanjutnya.

Pada kesempatan dialog tersebut, anak-anak berkesempatan memperkenalkan dirinya. Mereka berasal dari beragam wilayah di Flores Timur, baik Flores daratan, Adonara maupun Solor. Bupati Flores Timur berjanji untuk membagi informasi tentang keadaan mereka di lembaga pendidikan TBS sekembalinya dari Purwokerto. Karena TBS merupakan alternatif pilihan yang sangat baik untuk masa depan.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Flores Timur melakukan pertemuan dengan pemilik dan pengelola Lembaga Pendidikan Trans Buana International School.

Pihak Lembaga Pendidikan TBS sesungguhnya telah hadir di Flores Timur tiga tahun yang lalu untuk mencoba membangun kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Flores Timur.

“Oleh karena itu, hari ini saya hadir sebagai Pemerintah untuk memastikan bahwa lembaga ini legal”, ungkap Bupati Anton Hadjon mengawali pertemuan. Sehingga sangat diharapkan banyak orang muda Flotim yang bakal bergabung di Lembaga Pendidikan TBS – Purwokerto pada masa mendatang.

“Sebagai Bupati, tentu saya memiliki tanggung jawab yang sama terhadap semua orang muda Flotim, termasuk yang belajar di TBS ini. Sehingga saya akan mencermati dan melihat kemungkinan peluang yang ada untuk memberi perhatian kepada anak-anak muda Flores Timur pada masa yang akan datang”, masih menurut Bupati Anton Hadjon.

Menanggapi kunjungan Bupati Flores Timur di TBS, pemilik sekaligus pengelola, ibu Atiek dan Bapak Andi, sangat antusias. “Ke depannya kami berharap, melalui kehadiran Pak Bupati hari ini, akan terjalin hubungan yang lebih erat lagi sehingga bermanfaat bagi masyarakat, khususnya anak-anak muda Flotim”, demikian Atiek Suprapti, direktur TBS yang diamini oleh Bapak Andi. “Saya pun berharap adanya perhatian Pemerintah Flotim membantu anak-anak belajar di TBS dan bekerja di luar negeri. Siapa tahu, satu saat Trans Buana bisa ada di Flores Timur”, harapnya.

Di ujung meeting, kedua belah pihak berencana untuk mendorong jalinan kerja sama yang lebih konkret dalam bentuk adanya Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU). Diharapkan MoU ini sudah bisa direalisasikan dalam jangka waktu yang tidak lama lagi.

Apa itu TBS? Trans Buana International School atau terkenal dengan akronim TBS, adalah sebuah lembaga pendidikan yang mendidik dan mempersiapkan anak-anak untuk bekerja di sektor hospitality (hotel berbintang di Timur Tengah dan kapal pesiar).

Terdata saat ini sudah 25 orang muda Flores Timur yang bekerja di berbagai hotel bintang lima di luar negeri dan berbagai perusahaan kapal pesiar internasional. Sedangkan 16 kandidat yang berada di TBS saat ini, hampir seluruhnya telah mengantongi kontrak kerja dan tinggal menunggu panggilan kerja dari perusahaan.

Pada saat kunjungan, Bupati Flores Timur menyempatkan diri menyaksikan jalannya interview beberapa kandidat secara online (skype) oleh dunia kerja (hotel bintang lima di Yordania).

Beberapa bidang konsentrasi keahlian yang dipelajari di TBS antara lain House Keeping, Food and Beverage Service, dan Food Production. Konsentrasi keahlian ini menjadi pilihan bagi para kandidat yang belajar di TBS.

Terekam bahwa rata-rata lama waktu pendidikan di TBS sampai dengan pemberangkatan ke dunia kerja berada pada kisaran 6-7 bulan.

Semoga dengan kehadiran Bupati Antonius H. Gege Hadjon,S.T., di Trans Buana International School membawa angin segar bagi anak-anak muda Flotim lulusan SMA dan sederajat untuk mengejar kesempatan kerja di luar negeri.

# Bupati Flores Timur Kunjungi Lembaga Pendidikan Trans Buana International School (TBS) Di Purwekerto (prokompim/jmw)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.